Tepung Roti vs Tepung Panir: Mengenal Perbedaan dan Penggunaannya

Selasa, 09 Mei 2023 - 09:43
Tepung Roti vs Tepung Panir: Mengenal Perbedaan dan Penggunaannya

Tepung roti dan tepung panir merupakan bahan-bahan yang sering digunakan dalam dunia kuliner untuk memberikan tekstur yang renyah pada makanan yang digoreng atau dipanggang. Meskipun keduanya sering disebut secara bergantian, namun sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. 

Tepung roti umumnya terbuat dari roti yang dikeringkan dan dihaluskan menjadi serbuk, sementara tepung panir dibuat dari tepung tepung terigu yang dicampur dengan tepung maizena dan bumbu lainnya. Dalam hal penggunaan, tepung roti lebih cocok digunakan untuk makanan yang ingin memberikan tekstur yang lebih kasar dan renyah, sementara tepung panir lebih cocok digunakan untuk makanan yang ingin memberikan tekstur yang halus dan renyah.

Mengenal perbedaan pada Tepung roti dan Tepung panir

perbedaan tepung panir dan tepung roti

Tepung roti umumnya terbuat dari roti yang dikeringkan dan dihaluskan menjadi serbuk halus. Tepung ini tidak mengandung bahan tambahan apa pun, sehingga memiliki rasa yang netral. Tepung roti memiliki tekstur yang lebih kasar dan butirannya lebih besar dibandingkan dengan tepung panir. Oleh karena itu, tepung roti lebih cocok digunakan untuk makanan yang ingin memberikan tekstur yang kasar dan renyah, seperti ayam goreng, ikan goreng, atau udang goreng.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Crumble yang Lezat untuk Topping Dessert

Sementara itu, tepung panir dibuat dari campuran tepung terigu, tepung maizena, dan bumbu-bumbu seperti garam, paprika, atau bawang putih bubuk. Tepung panir memiliki tekstur yang halus dan butirannya lebih kecil dibandingkan dengan tepung roti. Selain itu, tepung panir cenderung lebih renyah dan garing setelah digoreng atau dipanggang. Oleh karena itu, tepung panir lebih cocok digunakan untuk makanan yang ingin memberikan tekstur yang halus dan renyah, seperti kroket, rissole, atau bola-bola daging.

Karena perbedaan ini, pemilihan tepung roti atau tepung panir harus disesuaikan dengan jenis makanan yang akan dibuat. Jika ingin memberikan tekstur yang kasar dan renyah, maka tepung roti adalah pilihan yang tepat. Namun, jika ingin memberikan tekstur yang halus dan renyah, maka tepung panir adalah pilihan yang lebih cocok. Selain itu, tepung panir juga dapat digunakan sebagai pengganti tepung roti dalam beberapa resep, terutama jika ingin memberikan rasa atau aroma tertentu pada makanan.

Penggunaan Tepung roti dan Tepung panir