Resep Lapis Legit Kukus yang Lembut dan Cocok untuk Pemula

Rabu, 09 Agustus 2023 - 21:56
Resep Lapis Legit Kukus yang Lembut dan Cocok untuk Pemula

Jika Anda seorang pemula dalam dunia memasak dan ingin mencoba tantangan baru, maka resep Lapis Legit Kukus ini sangat cocok untuk Anda. Meskipun terkenal dengan keahlian yang diperlukan, Lapis Legit Kukus sebenarnya dapat dihadirkan dengan mudah di dapur Anda sendiri. Dengan resep yang dirancang khusus untuk pemula, Anda akan merasakan kelezatan Lapis Legit Kukus yang lembut dan memikat tanpa harus merasa cemas. 

Lapis Legit Kukus adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terkenal dengan tekstur lembutnya dan lapisan yang kaya akan rempah-rempah. Meskipun terlihat rumit dan membutuhkan keahlian khusus, sebenarnya Anda juga dapat membuat Lapis Legit Kukus yang lembut dan enak di dapur Anda sendiri, bahkan jika Anda seorang pemula dalam hal memasak.

Resep Lapis Legit Kukus untuk Pemula

Resep Lapis Legit Kukus untuk Pemula

Kami akan membagikan resep yang cocok untuk pemula, sehingga Anda dapat menaklukkan tantangan membuat Lapis Legit Kukus dengan percaya diri. Mari kita mulai!

Bahan-bahan:

  • 250 gram mentega, suhu ruang
  • 200 gram gula pasir
  • 10 butir telur, pisahkan putih dan kuning telurnya
  • 200 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh bubuk vanili
  • 1 sendok teh bubuk kayu manis
  • 1/2 sendok teh bubuk cengkeh
  • 1/4 sendok teh garam
  • Pewarna makanan (opsional)

Baca juga : Resep Nastar yang Lezat dan Menggoyang Lidah

Langkah-langkah:

  • Kocok mentega dan gula pasir dalam mangkuk besar hingga lembut dan creamy. Tambahkan kuning telur satu per satu sambil terus dikocok hingga tercampur rata.
  • Ayak tepung terigu, bubuk vanili, bubuk kayu manis, bubuk cengkeh, dan garam ke dalam adonan mentega. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.
  • Dalam mangkuk terpisah, kocok putih telur hingga mengembang dan membentuk puncak yang lembut. Kemudian masukkan putih telur yang telah dikocok ke dalam adonan mentega secara perlahan. Aduk dengan hati-hati hingga semua bahan tercampur merata.
  • Bagi adonan menjadi dua bagian yang sama. Jika Anda ingin menggunakan pewarna makanan, tambahkan beberapa tetes pewarna makanan pada salah satu bagian adonan dan aduk rata.
  • Siapkan loyang persegi dengan ukuran sekitar 20x20 cm. Olesi dengan mentega dan alasi bagian bawahnya dengan kertas roti.
  • Tuang satu sendok sayur adonan putih ke dalam loyang dan ratakan permukaannya. Kemudian tuang satu sendok sayur adonan berwarna di atasnya dan ratakan lagi. Terus ulangi proses ini secara bergantian sampai semua adonan habis.
  • Panaskan panci pengukus dengan air yang sudah mendidih. Letakkan loyang dengan adonan Lapis Legit Kukus di atas pengukus dan tutup rapat. Kukus selama sekitar 45-60 menit atau hingga tusuk gigi yang dimasukkan ke dalam kue keluar bersih.
  • Setelah matang, angkat loyang dari panci pengukus dan biarkan kue dingin di dalam loyang sejenak. Kemudian keluarkan kue dari loyang dan potong menjadi kotak-kotak kecil.
  • Lapis Legit Kukus yang lembut dan enak siap untuk dinikmati! Anda akan terpesona dengan tekstur lembutnya yang sempurna dan aroma rempah-rempah yang memikat. 

Sajikan kue ini sebagai hidangan penutup istimewa di acara keluarga atau bagikan kepada teman-teman Anda untuk memperoleh pujian yang pantas. Meskipun Anda seorang pemula dalam memasak, resep ini akan membantu Anda meraih keberhasilan dalam menciptakan Lapis Legit Kukus yang lezat. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan eksplorasi kemampuan memasak Anda. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, resep Lapis Legit Kukus untuk pemula adalah langkah awal yang sempurna untuk menguji kemampuan memasak Anda. Meskipun terkenal dengan tingkat kesulitannya, resep ini telah disesuaikan dengan baik untuk pemula agar dapat merasakan kelezatan Lapis Legit Kukus yang lembut dan menggugah selera. Dengan mengikuti langkah-langkah yang jelas dan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan, Anda dapat menciptakan kue tradisional Indonesia yang istimewa ini dengan percaya diri. 

Jangan ragu untuk menghadirkan Lapis Legit Kukus ini di meja makan dan membagikannya kepada orang terdekat Anda. Dengan setiap lapisan lembut dan cita rasa rempah yang kaya, kue ini akan menjadi bukti keahlian memasak Anda yang luar biasa. Jadi, ambil tantangan dan buktikan bahwa Anda dapat menjadi seorang ahli dalam menciptakan Lapis Legit Kukus yang sempurna. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Muhammad Ermanja

Muhammad Ermanja is an esteemed expert in the field of food ingredients and a highly skilled content writer at Global Solusi Ingrredia. With his extensive knowledge and experience, he brings a wealth of expertise to the table, making him an invaluable asset to the company.

Contact Us

Contact Us