Mengenal Bread Emulsifier untuk Pembuat Roti

Rabu, 08 Maret 2023 - 22:06
Mengenal Bread Emulsifier untuk Pembuat Roti

Roti merupakan makanan yang sangat dicintai oleh banyak orang di seluruh dunia. Bahan utama dalam pembuatan roti adalah tepung terigu, air, dan gula. Namun, ada satu bahan penting lainnya yang sering kali tidak diketahui oleh banyak orang, yaitu bread emulsifier.

Bread emulsifier adalah bahan tambahan yang digunakan dalam pembuatan roti untuk memperbaiki kualitas dan memberikan tekstur lembut pada roti. Selain itu, emulsifier juga membantu dalam menjaga kelembapan roti dan memperpanjang masa simpannya. Dalam artikel ini, akan dibahas lebih jauh mengenai bread emulsifier dan bagaimana hal itu mempengaruhi kualitas roti.

Bread Emulsifier bekerja dengan membantu mencampurkan lemak dan air yang sulit dicampurkan secara alami dalam adonan roti. Ini membuat adonan menjadi lebih halus dan lembut, memperbaiki tekstur dan memberikan roti yang lebih lezat.

Selain itu, Bread emulsifier biasanya ditemukan dalam bentuk bubuk atau cair, dan dapat ditemukan di toko-toko bahan makanan. Banyak pembuat roti besar dan industri makanan menggunakan emulsifier dalam proses produksi mereka.

Emulsifier ini dapat dibuat dari bahan alami seperti lemak nabati atau bahan sintetis. Beberapa emulsifier alami yang umum digunakan meliputi lecithin dan asam stearat. Namun, bahan sintetis seperti DATEM dan SSL juga banyak digunakan dalam pembuatan roti.

Fungsi Bread Emulsifier dalam Pembuatan Roti

Free photo woman making fresh bread dough

Berikut ini adalah fungsi penting dari bread emulsifier dalam proses pembuatan roti yang harus dipahami.

Memperbaiki tekstur roti

Bread emulsifier membantu membuat adonan roti lebih halus dan lembut. Ini membuat tekstur roti menjadi lebih baik dan lezat. Emulsifier membantu memecahkan partikel tepung dan membuat adonan menjadi lebih homogen.

Meningkatkan kelembapan roti

Bread emulsifier membantu menjaga kelembapan roti dan memperpanjang masa simpannya. Ini membuat roti lebih tahan lama dan tetap lezat hingga beberapa hari setelah dibuat.

Mempercepat proses fermentasi

Bread emulsifier membantu mempercepat proses fermentasi dalam pembuatan roti. Ini membuat proses produksi roti lebih cepat dan efisien.

Meningkatkan volume roti

Bread emulsifier membantu meningkatkan volume roti, membuat roti terlihat lebih besar dan lezat. Ini membuat roti menjadi lebih menarik dan membuat produk jadi lebih bernilai tambah.

Meningkatkan kualitas roti

Secara keseluruhan, bread emulsifier membantu meningkatkan kualitas roti. Ini membuat roti lebih lezat, lebih tahan lama, dan memiliki tekstur yang lebih baik. Emulsifier membantu membuat roti menjadi lebih baik dan lebih bernilai bagi konsumen.

Baca juga : Cari Tahu Jenis Pewarna Makanan yang Layak Anda Konsumsi

Menyatukan Cairan dan Lemak

Emulsifier atau pengemulsi juga berfungsi untuk menyatukan bahan-bahan yang sulit tercampur seperti lemak dan cairan. Maka dari itu, emulsifier diperlukan untuk menyatukan air, susu, atau telur dengan lemak berupa margarin atau mentega.

Kedua jenis bahan tersebut memang sangat sulit untuk disatukan. Maka dari itu, dibutuhkan suatu zat yang mampu memadukannya sehingga roti buatan Anda jadi lebih mengembang, empuk, dan lembut.

Memperpanjang Umur Simpan Roti

Selain digunakan untuk melembutkan dan membuat volume roti berkembang, bread emulsifier juga dapat memperpanjang umur simpannya. Sebab, adonan kue yang dipadukan dengan emulsifier akan membuatnya jadi semakin stabil serta tercampur dengan rata.

Sehingga, teksturnya pun tidak terlalu padat atau cair. Sehingga, saat roti dikeluarkan dari oven, tekstur tetap stabil serta tidak mudah kempis. Dengan begitu, kesegaran, kualitas, dan umur simpannya juga semakin terjaga.

Cara Memilih Bread Emulsifier yang Tepat

Free photo baguette, eggs, flour, barley and rolling pin on marble surface. high quality photo

Saat ini, ada banyak sekali jenis emulsifier yang beredar di pasaran. Setiap merek tentu akan memberikan performa yang berbeda untuk roti Anda. Maka dari itu, kami akan bocorkan kriteria bread emulsifier yang paling berkualitas dan pas untuk digunakan. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Pilih Berdasarkan Jenisnya

Ada beberapa jenis bread emulsifier yang memiliki peran berbeda-beda. Namun, pada dasarnya, fungsinya untuk mengembangkan adonan, melembutkan tekstur, serta bisa memperpanjang umur simpan dari roti tersebut. Beberapa jenis emulsifier yang dapat Anda gunakan untuk roti di antaranya SP yang fungsi utamanya adalah agar adonan telur yang telah mengembang tidak mengempis atau turun kembali. SP cenderung berwarna kuning paling pucat dan terbuat dari asam lemak hewani.

Ada juga ovalet yang lebih condong menstabilkan bentuk adonan supaya tidak bantat ketika dikukus. Beberapa orang menyebut ovalet serupa dengan SP. Akan tetapi, ovalet justru memberi tekstur yang agak basah dan lembut di bagian dalam roti. Biasanya, makanan yang membutuhkan ovalet dalam proses pembuatannya adalah roti lapis legit. Terakhir, ada TBM yang dipakai ketika proses pencampuran mentega serta gula pada adonan dilakukan dulu. Jika sudah, telur akan dimasukkan pada tahap selanjutnya. Warna TBM cenderung lebih gelap atau oranye.

Baca juga : 4 Tips Membuat Es Krim Lembut, Ternyata Gampang Lho!

2. Pilih Berdasarkan Roti yang Akan Dibuat

Untuk menentukan jenis bread emulsifier yang akan digunakan, Anda pastikan juga apa jenis roti yang akan dibuat. Jika Anda ingin membuat jenis chiffon cake yang lumer dimulut, cake emulsifier jenis apapun bisa Anda gunakan. Namun, untuk jenis roti yang fluffy, soft bread, atau roti tawar, maka pilihannya bukan emulsifier. Lebih tepatnya, Anda menggunakan bread improver, shortening, ataupun softener.

3. Aroma

Untuk membuat roti dengan menggunakan cake emulsifier, pastikan bahannya tidak memiliki aroma tertentu seperti vanili, buah, atau susu. Sesuaikan aromanya dengan aroma roti yang digunakan atau lebih baik jangan gunakan yang beraroma.

4. Terjamin Halal

Masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam, tentu saja memilih bahan pangan harus dilihat kehalalannya. Apalagi, jika makanan yang dihasilkan ingin dijual kembali. Pemilihan bahan pangan yang halal hanya bisa dibuktikan dengan sertifikat halal dari MUI. Tak hanya itu saja, bread emulsifier juga harus lolos BPOM RI. Sehingga, keamanannya sudah terjamin. Serta tidak menimbulkan efek yang negatif untuk kesehatan.

Dalam kesimpulan, bread emulsifier adalah bahan tambahan penting dalam pembuatan roti yang membantu memperbaiki kualitas dan memberikan tekstur yang lembut pada roti. Fungsi utama dari emulsifier adalah memperbaiki tekstur roti, meningkatkan kelembapan roti, mempercepat proses fermentasi, meningkatkan volume roti, dan meningkatkan kualitas roti secara keseluruhan.

Meskipun beberapa orang khawatir tentang bahan sintetis yang digunakan dalam pembuatan emulsifier, banyak pembuat roti besar dan industri makanan telah menggunakan emulsifier selama bertahun-tahun dengan aman. Emulsifier membantu membuat roti lebih baik dan lebih bernilai bagi konsumen, sehingga membantu meningkatkan pangsa pasar dan memperkuat posisi bisnis pembuat roti.

Anda dapat membeli Bread Emulsifier berkualitas terbaik di Global Solusi Ingredia (GSI). Mereka menyediakan banyak bahan makanan terbaik dan berkualitas untuk Anda yang ingin membuat makanan yang enak dan sehat. Bahkan, harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau dan sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Anda dapat langsung berkonsultasi untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Semua produk GSI sudah mengantongi izin BPOM RI serta sertifikat halal MUI. Sehingga, Anda tidak perlu lagi ragu akan keamanan dari produk-produknya.

Muhammad Ermanja

Muhammad Ermanja is an esteemed expert in the field of food ingredients and a highly skilled content writer at Global Solusi Ingrredia. With his extensive knowledge and experience, he brings a wealth of expertise to the table, making him an invaluable asset to the company.

Contact Us

Contact Us