Hindari Penyebab Gorengan Mudah Tengik Ini

Kamis, 07 Juli 2022 - 23:03
Hindari Penyebab Gorengan Mudah Tengik Ini

Pada dasarnya, penyebab gorengan mudah tengik bisa dikarenakan oleh beberapa faktor. Biasanya, bau tengik ini ditandai dengan aroma serta rasa yang dihasilkan menjadi berubah.

Seringkali, ketengikan ini dialami oleh jenis makanan yang mengandung lemak seperti keripik pisang, keripik singkong, kornet, dan mentega. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasan dibawah ini.

  1. Lemak Makanan Terkontak dengan Oksigen dalam Waktu Lama

Penyebab gorengan mudah tengik yang pertama yakni karena makanan disimpan di area yang terbuka, sehingga terpapar oksigen dalam durasi waktu yang lama. Namun, ketengikan ini bisa diperlambat dengan menyimpan makanan berlemak dalam wadah yang kedap udara.

Karena gorengan termasuk makanan yang mengandung lemak, sebaiknya simpan makanan tersebut di wadah kedap udara, dan ruangan sejuk serta gelap. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya paparan gorengan dari panas dan cahaya.

Baca juga: Menilik Pembuatan Minyak Sawit dalam Industri Minyak Goreng

  1. Gorengan Mengandung Besi maupun Tembaga

Penyebab yang lainnya yakni karena wadah penggorengan yang mengandung besi atau tembaga. Pastinya tidak jarang ditemukan wajan yang digunakan untuk menggoreng terkelupas pada saat dilakukan proses penggorengan.

Tentunya, hal ini menjadi salah satu penyebab dari ketengikan yang terjadi pada minyak. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda menggunakan alat penggorengan yang mempunyai bahan dengan kualitas tinggi. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya pengelupasan lapisan penggorengan yang akan bercampur dengan minyak.

  1. Gorengan Mengandung Asam Lemak Berantai Pendek

Gorengan yang memiliki asam lemak berantai pendek, maka molekul-molekul kecil pada makanan mudah menguap atau lepas ke udara. Pelepasan molekul-molekul ini menyebabkan makanan mengeluarkan bau busuk, sementara tengik pada mentega disebabkan karena penguapan asam butirat.

Oleh sebab itu, pada saat melakukan proses penggorengan untuk tidak memasaknya dengan waktu yang cukup lama. Terlebih lagi jika sampai ada perubahan warna.

Tentu saja, hal ini menjadi salah satu penyebab dari berkurangnya kandungan gizi yang ada di dalamnya. Dengan demikian, pada saat makanan sudah menunjukkan kematangan yang pas. Anda bisa segera mengangkat dan meniriskannya.

  1. Gorengan Dimasak pada Temperatur Tinggi

Dalam hal ini, makanan yang digoreng bersama minyak deep fry secara berulang dapat menyebabkan gorengan menjadi cepat tengik. Solusi terbaik untuk mengatasinya yakni dengan menggunakan minyak yang baik pada saat menggoreng.

Berdasarkan sebuah studi yang telah dilakukan, jenis minyak yang mempunyai kandungan paling sehat adalah minyak zaitun. Akan tetapi, jenis minyak ini tergolong cukup mahal apabila dikonsumsi untuk setiap hari. Namun, terdapat opsi lain yang bisa dipilih yaitu minyak kelapa atau minyak kelapa sawit.

  1. Makanan Digoreng dengan Bumbu Cair

Penyebab yang terakhir yakni karena makanan digoreng dengan menggunakan jenis bumbu cair. Hal ini dikarenakan adanya beberapa kandungan grama yang terdapat di dalam bumbu cair. Pada dasarnya, kandungan garam tersebutlah yang menyebabkan timbulnya kerusakan di dalam sebuah makanan.

Oleh sebab itu, akan sangat direkomendasikan untuk menghindari penggunaan bumbu cair di setiap olahan masakan. Tujuan utamanya yakni untuk menghindari adanya bau dan rasa tengik pada makanan tersebut.

Adanya zat ini menjadikan makanan melepaskan sari alaminya menjadi lemak masakan saat kadaluarsanya semakin dekat. Agar gorengan lebih sehat, Anda bisa melumurinya dengan tepung bumbu bervitamin, yang menjadi inovasi baru dalam dunia kuliner.

Baca juga: Terlihat Sama Namun Berbeda, Simak Perbedaan Heavy Cream dan Whipping Cream

Kandungan tepung bumbu bervitamin seperti vitamin B2, zat besi, serat, vitamin B2 dan B9, akan memperkaya nilai gizi gorengan.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab gorengan mudah tengikUntuk mengatasi beberapa hal tersebut salah satunya yaitu dengan menggunakan olahan minyak dengan kualitas terbaik yang bisa Anda peroleh di PT Global Solusi Ingredia.

GSI memproduksi minyak yang mengandung antioksidan. Dengan minyak tersebut, Anda bisa meminimalisir bau tengik pada gorengan. Tentunya, gorengan juga akan menjadi lebih sehat, lezat, dan tahan lama.

Anna Masruroh Al Jannah

A person whose love writing the most. As SEO Content Writer Global Solusi Ingredia, she loves to write an articles about foods and cake.

Contact Us

Contact Us