Cara Memilih Minyak Sayur yang Tepat untuk Sehari-Hari

Jumat, 08 Juli 2022 - 00:52
Cara Memilih Minyak Sayur yang Tepat untuk Sehari-Hari

Minyak sayur merupakan benda cair yang hukumnya wajib ada di dapur. Dapur tanpa minyak sayur rasanya kurang lengkap, karena kegiatan menumis hingga menggoreng berbagai jenis makanan pasti menggunakan bahan dapur yang satu ini. Beberapa contoh jenis minyak sayur yang beredar di pasaran misalnya minyak canola, minyak biji bunga matahari, minyak biji kedelai, serta yang paling populer adalah minyak zaitun dan kelapa sawit.

Pengunaan Minyak Sayur untuk Tubuh

Namun sayangnya, sebuah asumsi menyebutkan bahwa penggunaan minyak sayur berlebih disebut-sebut bisa memberikan efek tidak baik kepada tubuh. Padahal hal ini tidak seluruhnya benar. Pemilihan minyak sayur yang tepat menjadi salah satu cara meminimalisir efek negatif ke tubuh. Tentunya cara ini juga membuat hidup lebih sehat.

Cara Memilih Minyak Sayur

Ada beberapa tips yang bisa digunakan bagi Anda yang sedang bingung memilih minyak sayur mana yang tepat. SImak ulasan berikut ini!

Baca juga: Emulsifier, Apakah Halal Atau Haram?

  1. Tekstur

Tekstur merupakan hal pertama yang bisa digunakan untuk mengetahui kualitas minyak sayur secara visual. Pilihlah minyak sayur yang teksturnya encer dan tidak terlalu kental. Kemudian dari segi warna, minyak sayur yang baik mempunyai kadar air rendah sehingga berwarna jernih. Usahakan untuk mencari minyak sayur yang tidak berbusa.

  1. Bahan

Minyak sayur yang bagus tentunya dibuat dari bahan dasar pilihan berkualitas. Bahan-bahan dasar pilihan dengan fungsi masing-masing digabungkan untuk menghambat pembentukan kristal dalam minyak sayur.

  1. Kandungan Lemak

Minyak sayur yang bagus adalah minyak yang melewati proses penyulingan dengan beberapa perlakuan pada bahan dasar. Dalam minyak sayur terdapat kadungan asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh yang mempunyai manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dalam batas yang wajar. Kandungan asam lemak ini juga yang berfungsi untuk meminimalisir timbulnya peradangan serta sebagai anti bakteri. 

  1. Mudah Larut

Tekstur minyak sayur yang jernih dan encer tidak membuat makanan yang digoreng menyerap terlalu banyak minyak. Minyak sayur yang bagus juga membuat gorengan lebih renyah. Lebih daripada itu, minyak sayur yang baik adalah minyak yang larut dalam tubuh, artinya minyak tidak menimbulkan efek gumpalan pada tubuh.

Global Solusi Ingredia menyediakan jenis produk yang bisa digunakan untuk membuat minyak sayur Anda menjadi minyak sayur yang sehat. GSI merupakan produsen bahan khusus dari Jepang dan Amerika Serikat yang saat ini mendominasi industri bahan makanan. Produk bahan makanan diolah dengan memperhatikan persyaratan kualitas yang ketat di berbagai industri makanan.

Baca juga: Penyebab Adonan Kue Kering Terlalu Keras

Produk EN-HANCE salah satunya, produk ini merupakan campuran sinergis yang diformulasikan dengan bahan aktif dan sudah teruji. Produk campuran minyak sayur ini bekerja untuk melindungi makanan dari oksidasi yang dapat menghilangkan rasa, warna, dan aroma saat makanan larut dan dipanaskan. EN-HANCE juga hadir dalam bentuk cair agar lebih ekonomis, mudah digunakan, dan larut dalam minyak.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menambahkan produk EN-HANCE ke dalam minyak sayur Anda. Yaitu untuk menghentikan radikal bebas, melindungi minyak dari lemak oksidasi, membantu mempertahankan nilai gizi, mempercepat pemanasan minyak sayur, dan masih banyak lagi keunggulan yang bisa didapatkan pada produk EN-HANCE.

Jika menginginkan masakan tidak berubah pada bau, rasa, dan warna yang signifikan, Anda perlu menambahkan produk EN-HANCE ke dalam minyak sayur Anda. Beberapa produk EN-HANCE antara lain: EN-HANCE®TBHQ, EN-HANCE® BHA, EN-HANCE® BTH, EN-HANCE® ASCORBYL PALMITATE, EN-HANCE® AP10-LIQUID, dan EN-HANCE® A131-TBHQ LIQUID.

Anna Masruroh Al Jannah

A person whose love writing the most. As SEO Content Writer Global Solusi Ingredia, she loves to write an articles about foods and cake.

Contact Us

Contact Us