Bahan Brownies Kukus Agar Hasil Maksimal

Jumat, 08 Juli 2022 - 01:38
Bahan Brownies Kukus Agar Hasil Maksimal

Brownis adalah salah satu jenis kue yang memiliki citarasa manis dan menjadi favorit semua kalangan. Kue ini sering ada di acara-acara penting atau sekedar untuk teman ngopi bersama keluarga saja.

Pada umumnya kue brownies yang sering dijumpai adalah brownies panggang. Namun, untuk saat ini juga ada beberapa macam varian kue brownies yaitu dengan dikukus. Agak berbeda dengan brownis panggang, brownis kukus mempunyai tekstur yang lebih lembut dan basah.

Bagi sebagian orang, membuat brownis kukus memang mudah. Namun untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan basah ini bukan hal mudah. Anda harus memperhatikan macam-macam bahan serta cara membuat untuk mendapatkan hasil maksimal.  

Macam-Macam Bahan Brownies Kukus Agar Hasil Maksimal

Agar mendapatkan hasil maksimal, brownies kukus harus menggunakan bahan-bahan pilihan. Untuk bahan cokelat, Anda bisa menggunakan white cooking chocolatedark cooking chocolate dan milk cooking chocolate.

Loyang untuk mengukusnya juga harus selalu diberi alas berupa kertas roti yang sudah diberi olesan minyak atau mentega agar tidak lengket. Selain itu, Anda juga harus mengikuti langkah di bawah ini untuk mendapatkan hasil kue browinies kukus yang maksimal:

Jangan lupa untuk selalu menutup dandang menggunakan kain agar air tidak menetes langsung ke kue. Namun jika Anda ingin mendapatkan permukaan brownies yang sedikit kasar maka tidak perlu menutupnya dengan kain.

Untuk cek tingkat kematangan brownies Anda bisa melakukan dengan menusuk kue menggunakan lidi. Jika pada permukaan lidi sudah licin itu pertanda bahwa brownies sudah matang.

Setelah tips diatas Anda ikuti, kini saatnya membuat kue brownies dengan kreasi sendiri. berikut langkah-langkahnya!

Brownies Kukus Coklat Lembut dan Manis 

Bahan Utama:

·         10 butir telur

·         1 sdt cake emulsifier

·         1/2 sdt vanili bubuk

·         400 gram gula pasir

·         ½ sdt garam

Bahan Campuran:

·         100 gram cokelat bubuk

·         1 sdt baking powder

·         200 gram tepung terigu protein sedang

Bahan yang Dicairkan:

  • 200 gram dark cooking chocolate
  • 300 ml minyak sayur

Bahan Tambahan:

  • 125 ml susu kental manis putih

Cara Membuat Brownies Kukus Coklat Super Lembut

1.  Mix bahan utama, lalu kocok hingga kental dan mengembang

2.  Kemudian masukkan bahan campuran sedikit-demi sedikit hingga semua merata.

3.  Masukkan bahan yang dicairkan dan aduk hingga merata.

4.  Sisihkan sekitar 175 gram adonan kemudian campurkan dengan bahan tambahan dan sisihkan.

5.  Jika sudah, siapkan loyang ukuran 23 x 23 x 7 cm yang sudah dialasi kertas roti dan diberi olesan minyak atau mentega.

6.  Tuangkan 1/2 bagian dari sisa adonan kedalam loyang tersebut.

7.  Tambahkan dengan adonan adonan yang tadi telah disisihkan lalu tambahkan dengan adonan yang masih tersisa.

8.  Kukus hingga selama kurang lebih 30 menit. Angkat dan sajikan.

Setelah membaca tips dan cara membuat brownies diatas, kini Anda bisa langsung mencoba membuatnya di rumah. Untuk pemilihan bahan-bahannya percayakan hanya kepada Global Solusi Ingredia.

GSI adalah salah satu produsen bahan pangan yang akan membantu Anda dalam menemukan bahan-bahan untuk membuat aneka makanan. Semua bahan yang tersedia sudah pasti berkualitas dan sesuai standar Internasional.

Ada banyak pilihan bahan mulai dari coklat, butter, keju dan aneka bahan lain yang bisa Anda pilih. Dengan menggunakan bahan dari Global Solusi Ingredia hasil dari brownies kukus Anda sudah pasti enak, lembut dan tidak mengecewakan. Selamat mencoba!

Anna Masruroh Al Jannah

A person whose love writing the most. As SEO Content Writer Global Solusi Ingredia, she loves to write an articles about foods and cake.

Contact Us

Contact Us