Apa itu Sodium Alginate? Penggunaan dan Manfaat dalam Industri Pangan

Rabu, 24 Januari 2024 - 21:19
Apa itu Sodium Alginate? Penggunaan dan Manfaat dalam Industri Pangan

Sodium alginate, sebuah senyawa yang berasal dari alginat, telah muncul sebagai bintang dalam dunia industri pangan, membawa kontribusi luar biasa terhadap formulasi produk yang inovatif. Merupakan garam natrium dari alginat, polisakarida yang ditemukan pada dinding sel ganggang coklat, sodium alginate memiliki karakteristik khusus yang memberikan dampak besar dalam pengolahan makanan. Artikel ini akan menggali lebih dalam tentang penggunaan dan manfaat sodium alginate dalam industri pangan, membahas bagaimana senyawa ini memberikan tekstur unik, kestabilan, dan dimensi baru dalam menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Apa Itu Sodium Alginate? 

Sodium alginate adalah senyawa alginat yang merupakan garam natrium dari alginat, sebuah polisakarida yang ditemukan dalam dinding sel ganggang coklat. Senyawa ini memiliki berbagai aplikasi luas dalam industri makanan, farmasi, dan kosmetik. Sodium alginate sering digunakan sebagai bahan pengental, pengemulsi, dan stabilisator dalam berbagai formulasi. Sebagai pengental, sodium alginate membentuk gel ketika bereaksi dengan kalsium, memberikan tekstur unik pada produk makanan. 

GSI

Keistimewaannya dalam membentuk gel yang stabil dan transparan membuatnya populer dalam pembuatan hidangan molekuler dan esferifikasi. Selain itu, senyawa ini juga digunakan dalam industri farmasi untuk pembuatan kapsul dan sebagai bahan pengental dalam berbagai suspensi. Dengan sifat-sifatnya yang unik dan aplikasi yang beragam, sodium alginate terus menjadi bahan yang sangat dicari dalam dunia industri yang terus berkembang.

Sodium Alginate: Inovasi dalam Industri Pangan