6 Bahan untuk Mengolesi Kue Selain Kuning Telur

Minggu, 03 Juli 2022 - 17:03
6 Bahan untuk Mengolesi Kue Selain Kuning Telur

Ada beberapa jenis kue yang diberikan tambahan berupa olesan di bagian atasnya supaya tampak lebih menarik. Salah satunya adalah nastar, kastengel, bakery, dan sebagainya. Biasanya, bahan yang digunakan untuk mengolesi kue tersebut adalah kuning telur.

Dengan menambahkan olesan kuning telur, maka kue akan semakin mengkilap dan terlihat menggoda untuk disantap. Tak hanya itu saja, kuning telur juga bisa menambahkan cita rasa gurih pada kue tersebut. Untuk mengoleskan kuning telur pada kue, maka ditambahkan lagi dengan air sebanyak 1 sendok makan supaya tidak terlampau kental.

Nah, tahukah Anda jika ada juga bahan lain yang dapat digunakan untuk mengolesi kue selain kuning telur? Bahan-bahan ini bisa menjadi alternatif jika Anda kebetulan kehabisan telur di dapur. Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

1.       Susu Kental Manis

Susu kental manis sebetulnya bukan tergolong sebagai susu. Melainkan sebagai minuman dengan rasa susu. Meskipun kandungan susunya terlalu sedikit untuk memenuhi kebutuhan gizi, tetapi bahan ini bisa menjadi pengganti kuning telur untuk olesan pada kue.

Susu kental manis akan memberikan tampilan olesan yang tidak retak atau pecah. Jadi, nantinya, kue akan tampak mengkilap seperti saat dioles dengan kuning telur.

2.       Minyak Goreng

Siapa sangka jika minyak goreng ternyata bisa membuat kue jadi tampak mengkilap dan cantik. Selain itu, mengoleskan minyak juga akan menjadikan tekstur kue jadi tidak retak. Namun, pastikan Anda tidak menambahkan terlalu banyak agar tidak membuatnya terlalu berminyak.

3.       Gula Halus

Untuk olesan kue, Anda juga bisa menggunakan gula halus. Namun, prosesnya bukan dioleskan secara langsung, melainkan harus melewati proses karamelisasi terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga dapat melarutkan gula halus pada air atau susu sebelum dioles. Selain membuat kue jadi mengkilap dan cantik, ia juga akan menjadikan kue beraroma harum.

4.       Madu

Apabila menjadi olesan roti, madu dianggap yang paling maksimal. Baik dari segi aroma, warna, serta rasanya. Akan tetapi, sebaiknya dalam menambahkan olesan madu, setelah kue atau roti selesai dipanggang supaya tidak merusak nutrisinya.

5.       Margarin

Olesan roti yang selanjutnya adalah mentega. Hasilnya memang tidak akan se-sempurna kuning telur. Namun, bisa menjadikan kue jadi lebih cerah. Caranya, dengan mengoleskan margarin saat kue sudah setengah matang.

6.       Pewarna Kuning Telur

Selain menggunakan kuning telur asli, Anda juga bisa mengoleskan roti atau kue dengan pewarna makanan kuning telur. Penggunaan pewarna sangat lah mirip tampilannya dengan kuning telur asli. Pun, bisa menjadikan pengeluaran Anda lebih hemat.

Pewarna bisa menjadi alternatif olesan yang terbaik apalagi jika kue Anda akan memang dijual dan sudah dalam skala yang besar. Asalkan Anda memakai pewarna makanan yang diperbolehkan, hal ini sama sekali bukan masalah.

Dapatkan Pewarna Makanan yang Aman dan Halal di Global Solusi Ingredia

Jika Anda membutuhkan pewarna makanan kuning telur tapi ingin yang benar-benar aman dan terjamin kehalalannya, maka produk tersebut bisa diperoleh di Global Solusi Ingredia. Sebab, semua produk GSI sudah mengantongi izin edar BPOM dan sertifikat halal dari MUI.

Selain menyediakan pewarna kuning telur, ada juga pewarna lainnya baik yang alami ataupun buatan. Kandungan pewarna yang GSI miliki diantaranya annatto turmeric extract, beta-caroten, paprika oleoresin, grape skin extract, vegetable juices, dan sebagainya.

Selain produk pewarna, GSI juga menyediakan minyak, stabilizer, emulsifier, cokelat, vitamin, dan sebagainya. Semua produk GSI diolah menggunakan teknologi pangan termutakhir sehingga mampu meningkatkan kualitas bahan pangan yang Anda produksi.

Segera cek website GSI untuk mendapatkan informasi produk lebih lengkap.

Anna Masruroh Al Jannah

A person whose love writing the most. As SEO Content Writer Global Solusi Ingredia, she loves to write an articles about foods and cake.

Contact Us

Contact Us