Tips Membuat Roti Goreng Enak di Rumah

Kamis, 07 Juli 2022 - 23:26
Tips Membuat Roti Goreng Enak di Rumah

Ingin membuat roti goreng sendiri di rumah tapi masih ragu karena sebelumnya gagal total? Jika demikian, ikuti dan praktekkan tips membuat roti goreng enak berikut. Dengan tips ini, Anda bisa membuat roti goreng yang bagian dalamnya lembut dan luarnya crispy.

Seperti yang kita tahu, roti menjadi salah satu camilan yang sangat disukai oleh semua orang. Memiliki tekstur yang sangat lembut dan juga empuk membuat makanan atau cemilan ini sangat mengenyangkan.

Hal inilah yang membuat roti menjadi menu camilan terbaik untuk semua kalangan. Roti juga menjadi salah satu kenu terbaik untuk sarapan keluarga di rumah sebelum beraktivitas.  Roti goreng merupakan jenis roti yang banyak diminati.

Dengan menggabungkan unsur roti kukus dan roti panggang, roti goreng punya tekstur yang sangat renyah di bagian luar dengan dalam yang lembut.

Baca juga: Jenis Minyak Esensial Untuk Rambut Yang Highly Recommended

Tips Membuat Roti Goreng, Anti Gagal

Bagi yang mau membuat roti goreng, bisa kami pastikan jika cara pembuatan roti goreng sangat mudah. Hanya saja bagi beberapa orang, membuat roti goreng cukup tricky. Hal tersebut wajar karena mereka belum pernah membuat roti goreng sebelumnya. Agar pembuatan roti goreng berhasil dan tidak gagal, silahkan ikuti tips berikut :

  1. Pilih bahan

Sebelum membuat roti goreng, pastikan sudah menyiapkan bahan untuk membuat roti goreng terlebih dahulu. Bahan untuk membuat roti goreng hampir mirip dengan roti biasa.

Bedanya ada di bagian bahan pencelup dan juga pelapisnya. Bahan roti goreng adalah tepung terigu yang protein tinggi, gula pasir, baking powder, tepung terigu protein sedang, margarin hingga ragi instan.

Pilihlah bahan roti yang masih segar dan tidak busuk (khususnya untuk buah di bagian dalam). Karena buah yang busuk juga mempengaruhi tingkat kematangan dan kelembutan roti di bagian dalamnya.

  1. Buatlah adonan roti goreng

Tips membuat roti goreng selanjutnya, sebelum membuat roti goreng, ada baiknya memperhatikan isian roti goreng terlebih dahulu. Misalnya isian roti ingin ditumis dengan daging atau hanya krim coklat.

Saat ingin membuat roti goreng, disarankan memilih api yang sedang hingga matang supaya bagian dalam roti tidak mentah. Biasanya bagian inilah yang membuat proses pembuatan roti goreng jadi gagal.

  1. Agar roti goreng yang dibuat lembut

Supaya roti goreng yang dibuat lembut, bagian yang sangat penting adalah bahan yang kalian gunakan. Usahakan memilih bahan yang segar dan tidak busuk. Karena tingkat kesegaran buah juga mempengaruhi kelembutan roti. 

Bagi yang memakai bahan pengembang seperti ragi ataupun baking powder. Gunakanlah baking powder yang dibeli atau belum pernah dipakai sebelumnya. Begitu juga dengan ragi yang digunakan. 

  1. Tips menggoreng roti goreng

Saat menggoreng roti goreng, cukup gunakan minyak yang panasnya hanya sedang saja. Jangan gunakan minyak yang terlalu panas. Karena biasanya akan membuat roti gosong tapi dalamnya masih belum matang.

Tentunya tidak ingin membuat roti yang seperti ini bukan? Begitu juga sebaliknya, jika api yang digunakan terlalu kecil akan membuat adonan lebih banyak menyerap minyak sehingga kurang bagus untuk kesehatan.

Baca juga: Resep Olahan Coklat Rumahan Paling Sederhana Tapi Lezat

Adonan biasanya menjadi lembek dan berminyak. Artinya roti yang dibuat tidak memenuhi standar kesehatan yang disarankan. Roti yang digoreng di api sedang memberi hasil sempurna, baik dari crispy di bagian luar hingga bagian dalam yang sempurna.

Bagi yang membutuhkan minyak terbaik untuk goreng roti, Anda bisa membeli produk minyak antioksidan yang dijual di Global Solusi Ingredia agar lebih aman. Minyak tersebut juga membuat roti goreng semakin renyah dan lembut. Selain itu, bisa membantu roti untuk tahan lebih lama dan tidak berbau tengik.

Produk minyak antioksidan GSI sudah ada izin BPOM sehingga aman. Bagi muslim pun tidak perlu ragu lagi karena produk GSI telah mengantongi sertifikat halal dari MUI.

Anna Masruroh Al Jannah

A person whose love writing the most. As SEO Content Writer Global Solusi Ingredia, she loves to write an articles about foods and cake.

Contact Us

Contact Us