Tepung Gandum vs Tepung Terigu : Mana yang Lebih Unggul Untuk Adonan Kue

Rabu, 24 Mei 2023 - 15:13
Tepung Gandum vs Tepung Terigu : Mana yang Lebih Unggul Untuk Adonan Kue

Tepung gandum dan tepung terigu adalah dua jenis tepung yang sering digunakan dalam pembuatan roti, kue, dan produk bakery lainnya. Meskipun keduanya berasal dari biji gandum, namun ada perbedaan penting antara keduanya. 

Tepung gandum diproses dengan cara yang berbeda dari tepung terigu, yang menghasilkan karakteristik yang berbeda dalam produk yang dibuat dengan kedua jenis tepung tersebut. Selain itu, kandungan nutrisi dan harga juga menjadi perbedaan yang perlu diperhatikan. Mari kita lihat lebih dekat perbedaan antara tepung gandum dan tepung terigu dan bagaimana pengaruhnya pada hasil akhir produk bakery.

Perbedaan Tepung Gandum dan Tepung Terigu

Perbedaan antara Tepung Gandum dan Tepung Terigu

Tepung gandum dan tepung terigu adalah dua bahan dasar yang umum digunakan dalam pembuatan berbagai produk roti dan kue. Meskipun keduanya berasal dari biji gandum, ada beberapa perbedaan antara tepung gandum dan tepung terigu yang perlu dipahami.

1. Proses Pengolahan

Tepung gandum dibuat dari seluruh biji gandum, termasuk kulit luar yang disebut sebagai "bran" dan lapisan biji yang mengandung nutrisi penting seperti serat, vitamin, dan mineral. Tepung gandum juga mengandung kadar protein yang lebih rendah daripada tepung terigu. Sedangkan, tepung terigu diproses dengan cara menghilangkan bagian luar biji gandum, sehingga menghasilkan tepung yang lebih halus dan lembut dengan kandungan protein yang lebih tinggi.

Baca juga : Perbedaan Mentega dan Margarin: Dari Kandungan Hingga Penggunaannya dalam Memasak

2. Penggunaan

Tepung gandum biasanya digunakan untuk membuat roti dan kue yang lebih padat dan berat, seperti roti gandum dan muffin gandum, karena kandungan serat yang tinggi dalam tepung gandum dapat membuat produk menjadi lebih berat. Sementara itu, tepung terigu biasanya digunakan untuk membuat roti dan kue yang lebih ringan dan empuk, seperti roti putih dan kue tart, karena kandungan protein yang tinggi dalam tepung terigu dapat memberikan struktur dan kelembutan pada produk.

3. Kandungan Nutrisi

Karena tepung gandum dibuat dari seluruh biji gandum, maka mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan mineral dibandingkan tepung terigu yang telah diproses dengan cara menghilangkan bagian luar biji gandum. Kandungan serat dalam tepung gandum dapat membantu meningkatkan pencernaan dan kesehatan jantung, sedangkan kandungan vitamin dan mineralnya dapat memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Harga

Tepung gandum cenderung lebih mahal daripada tepung terigu karena memerlukan proses pengolahan yang lebih sedikit dan menghasilkan produk yang lebih sedikit.

Tepung gandum dan tepung terigu memiliki perbedaan dalam proses pengolahan, penggunaan, kandungan nutrisi, dan harga. Memilih jenis tepung yang tepat untuk digunakan tergantung pada produk yang ingin dibuat dan preferensi pribadi. Meskipun tepung gandum lebih sehat dan memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi, namun dalam hal pembuatan kue dan roti yang lebih lembut dan empuk, tepung terigu lebih cocok digunakan.

Keunggulan Tepung Gandum dan Tepung Terigu dalam berbagai resep kue

Keunggulan Tepung Gandum dan Tepung Terigu

Tepung gandum dan tepung terigu adalah bahan dasar yang umum digunakan dalam pembuatan kue dan roti. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing dalam berbagai resep kue. Pemilihan tepung yang tepat dapat membuat perbedaan dalam kualitas dan hasil akhir kue yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa keunggulan tepung gandum dan tepung terigu dalam berbagai resep kue.

Keunggulan Tepung Gandum

Tepung gandum memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga lebih cocok digunakan dalam pembuatan kue yang lebih padat dan berat, seperti kue muffin, kue tart, dan kue roti gandum. Selain itu, kandungan nutrisi dalam tepung gandum juga lebih tinggi, sehingga tepung gandum menjadi pilihan yang lebih sehat untuk digunakan dalam pembuatan kue dan roti. Tepung gandum juga cocok digunakan dalam pembuatan kue yang menggunakan buah-buahan atau kacang-kacangan sebagai bahan, karena kandungan serat dalam tepung gandum dapat membantu mengikat bahan-bahan tersebut.

Keunggulan Tepung Terigu

Tepung terigu memiliki kandungan protein yang lebih tinggi, sehingga lebih cocok digunakan dalam pembuatan kue yang lebih ringan dan empuk, seperti kue sponge, roti putih, dan kue brownies. Kandungan protein dalam tepung terigu memberikan struktur dan kelembutan pada kue yang dihasilkan. Selain itu, tepung terigu juga lebih halus dan lembut, sehingga menghasilkan kue yang lebih lezat dan empuk. Tepung terigu juga cocok digunakan dalam pembuatan kue yang menggunakan mentega atau margarin sebagai bahan, karena tekstur halusnya memudahkan untuk mengaduk bahan-bahan tersebut.

Baca juga : Rahasia Campuran Tepung Agar Gorengan Renyah dan Tahan Lama

Kombinasi Tepung Gandum dan Tepung Terigu

Kombinasi tepung gandum dan tepung terigu juga sering digunakan dalam pembuatan kue. Kombinasi tersebut menghasilkan kue yang lebih sehat dan lebih enak dibandingkan menggunakan tepung terigu saja. Penggunaan tepung gandum dalam kombinasi ini dapat memberikan kandungan serat dan nutrisi yang lebih tinggi pada kue, sedangkan penggunaan tepung terigu dapat memberikan kelembutan dan struktur pada kue. Kombinasi tepung gandum dan tepung terigu dapat digunakan dalam pembuatan berbagai jenis kue, tergantung pada proporsi tepung yang digunakan.

Pemilihan tepung yang tepat sangat penting dalam pembuatan kue. Tepung gandum cocok digunakan dalam pembuatan kue yang lebih padat dan berat, sementara tepung terigu cocok digunakan dalam pembuatan kue yang lebih ringan dan empuk. Kombinasi tepung gandum dan tepung terigu juga dapat digunakan untuk menghasilkan kue yang lebih sehat dan lezat.

Manfaat dari Tepung Gandum dan Tepung Terigu