Industri Bahan Makanan Fungsional Termodifikasi

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:22
Industri Bahan Makanan Fungsional Termodifikasi

Ada banyak perubahan dalam kehidupan manusia atau masyarakat. Salah satunya adalah perubahan dari segi pola makanan salah satunya mulai dikenalnya bahan makanan fungsional. Semakin dikenalnya bahan makanan yang satu ini maka semakin berkembang pula industri bahan makanan fungsional termodifikasi.

Mungkin diantara Anda masih sangat asing dengan dunia industri bahan makanan fungsional karena selama ini belum kenal atau bahkan belum tahu. Jika ternyata, beberapa makanan yang dikonsumsi berasal dari bahan makanan fungsional termodifikasi tersebut.

Maka dalam tulisan ini akan mencoba mengajak lebih berkenalan dengan bahan makanan fungsional termodifikasi mulai dari pengertian, jenis, contoh dan manfaatnya.

Apa Itu  Bahan Makanan Fungsional Termodifikasi

Secara umum, bahan makanan fungsional merupakan makanan yang dikenal karena manfaatnya untuk mengoptimalisasi kesehatan tubuh serta meminimalisir risiko serangan penyakit. Sedangkan jenis bahan makanan ini terbagi menjadi dua yaitu, bahan makanan fungsional konvensional dan bahan makanan fungsional termodifikasi.

Sekilas bahan makanan fungsional konvensional adalah sumber makanan yang mengandung beraneka nutrisi penting bagi tubuh dan semua bersumber alami dari alami tanpa ada campuran apapun. Sedangkan  bahan makanan fungsional termodifikasi yaitu bahan makanan dengan tambahan bermacam-macam nutrisi.

Baca juga : 7 Manfaat Minyak Sayur dalam Dunia Kesehatan

Jenis atau Contoh Bahan Makanan Fungsional Termodifikasi

Jika Anda mulai membidik dunia industri bahan makanan fungsional termodifikasi, maka ada baiknya untuk mengetahui jenis ataupun contoh dari bahan makanan fungsional tersebut sehingga bisa mengetahui pangsa pasar yang paling tepat.

Bahan makanan fungsional termodifikasi sejatinya merupakan bahan makanan yang sudah diolah serta diperkaya dengan berbagai nutrisi tambahan. Beberapa nutrisi tambahan yang dimaksud seperti vitamin, serat, mineral, maupun probiotik.

Tujuan dari berbagai penambahan nutrisi tadi sudah pasti untuk memperkaya manfaat dari bahan makanan tersebut bagi kesehatan. Adapun beberapa contoh makanan fungsional termodifikasi yang sering ditemui di pasaran antara lain:

·         Yogurt dengan tambahan kandungan vitamin D

·         Susu  almond, susu beras, ataupun susu kacang mete yang diperkaya dengan kandungan kalsium dan vitamin D

·         Jus buah dalam kemasan yang  diperkaya kandungan vitamin C

·         Susu dengan kandungan kalsium yang diperkaya

·         Roti dan pasta dengan zat besi yang diperkaya

·         Sereal serta granola yang sudah diperkaya dengan kandungan Vitamin B12

·         Telur yang diperkaya dengan kandungan omega 3 lewat pakan ternak ayam berupa omega 3 untuk menghasilkan telur kaya kandungan omega 3.

Manfaat Bahan Makanan Fungsional Termodifikasi

Sekali lagi dipertegas bahwa bahan makanan fungsional termodifikasi mengandung beraneka manfaat untuk  tubuh. Berikut berbagai manfaat bahan makanan fungsional termodifikasi bagi tubuh manusia:

·         Mencegah Ancaman Penyakit

Sebagai contoh kandungan antioksidan dalam bahan makanan fungsional termodifikasi terbukti dapat menetralkan ancaman radikal bebas yang mengancam kesehatan sel-sel tubuh.  Sehingga hal ini akan mengurangi ancaman penyakit berbahaya bagi tubuh.

Baca juga : Tips Membuat Kue Kering Renyah dan Tahan Lama

·         Mencegah Kekurangan Nutrisi

Dengan bahan makanan fungsional maka tubuh Anda akan terhindar dari kekurangan nutrisi lantaran sudah mendapatkannya dari bahan makanan jenis ini.

·         Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Tak cuma orang dewasa yang bisa merasakan manfaatnya namun anak-anak juga bisa merasakannya bagi tumbuh kembang anak. Misalnya kandungan omega 3 yang ampuh meningkatkan fungsi otak anak.

Dengan Anda mengetahui seluk beluknya maka semakin terbuka lebar untuk memulai industri bahan makanan fungsional termodifikasi. Untuk mendukung hal tersebut maka ada GSI (Global Solusi Ingredia) Indonesia yang siap membantu.

Anna Masruroh Al Jannah

A person whose love writing the most. As SEO Content Writer Global Solusi Ingredia, she loves to write an articles about foods and cake.

Contact Us

Contact Us