Emulsifier Pada Minuman, Amankah untuk Kesehatan?

Jumat, 08 Juli 2022 - 00:46
Emulsifier Pada Minuman, Amankah untuk Kesehatan?

Mungkin banyak masyarakat yang sudah tidak asing dengan emulsifier pada minuman dan makanan. Lantas apa sih arti dari emulsifier dan bahannya terbuat dari apa? Bagi yang merasa penasaran, silahkan cek artikel di bawah supaya lebih paham.

Tentunya kita tahu bahwa air dan juga minyak tidak akan dapat menyatu meskipun diletakkan di satu wadah yang sama. Dalam kondisi tertentu, banyak pihak yang ingin mencampurkan kedua bahan tersebut. Sayangnya, saat keduanya dicampurkan tentu tidak bisa karena otomatis langsung memisah kembali.

Hal tersebut karena ada perbedaan tingkat polaritas pada kedua zat tersebut. Air menjadi molekul yang mempunyai gugus polar. Berbeda dengan minyak yang memiliki gugus non polar. Perbedaan tersebut membuat keduanya tidak dapat menyatu.

Pasalnya, gugus polar hanya dapat disatukan dengan gugus polar saja. Begitu juga dengan gugus non polar yang hanya dapat disatukan dengan gugus non polar saja. Jika kedua bahan dapat menyatu, maka pasti ada zat emulsifier pada minuman.

Apa itu Zat Emulsifier Pada Minuman

Emulsifier atau yang dikenal dengan sebutan zat pengemulsi adalah jenis zat yang sering untuk membantu menjaga kestabilan pada emulsi minyak dan air. Emulsifier sendiri ada yang berbahan dasar dari emulsifier alami dan juga emulsifier buatan (sintetis).

Baca juga: Jenis Emulsifier yang Biasa Digunakan untuk Industri Makanan

Biasanya emulsifier alami terbuat dari bahan-bahan dari alam. Diantaranya seperti biji kedelai hingga kuning. Di dalam biji kedelai biasanya ada minyak yang tergolong tinggi dan di samping air. Kedua tadi dihubungkan zat yang bernama lecithin.

Bahan ini yang diambil atau diekstrak dan dijadikan sebagai bahan emulsifier yang selanjutnya dapat digunakan untuk mengolah berbagai produk olahan di pasar. Selain biji kedelai, Lechitin juga ada di biji-bijian lain serta produk hewani seperti otak dan telur.

Selain itu, emulsifier alami juga sering ditemukan pada tepung kanji dan juga susu bubuk. Tepung kanji termasuk jenis emulsifier yang paling bagus digunakan untuk makanan. Tak hanya tepung kanji, bahan lain yang dapat digunakan adalah tepung sagu.

Emulsifier Pada Minuman Dari Bahan Buatan

Selain emulsifier yang terbuat dari bahan alami, ternyata ada juga emulsifier yang terbuat dari bahan buatan alias rekayasa manusia. Yang tentunya tujuannya untuk menghasilkan jembatan di antara minyak dan juga air. 

Meski dikenal sebagai sintesis, tidak semua bahan merupakan bahan buatan.  Ada juga bahan yang terbuat dari bahan alami. Contohnya, lemak atau minyak yang merupakan trigliserida dengan satu gugus gliserol. 

Di mana gugus ini mempunyai tiga tangan. Tiga tangan tersebut masing-masing dikaitkan dengan asam lemak. Sehingga jadilah sebuah Momo serta digliserida yang selanjutnya berfungsi untuk penghubung antara air dan juga minyak.

Yang selanjutnya dikenal dengan emulsifier sintetis. Bahan buatan manusia tersebut terbuat dari lemak yang telah direkayasa. Sedangkan sumber lemak sendiri dapat bermacam-macam. Ada yang terbuat dari sintesis atau minyak bumi dan ada juga terbuat dari lemak nabati (tumbuhan) serta hewani.

Baca juga: Cari Tahu Perbedaan Agar-Agar, Jelly, dan Puding agar Tidak Salah Sebut Lagi

Apakah Emulsifier Pada Minuman Itu Aman?

Pertanyaannya sekarang adalah apakah emulsifier pada minuman itu aman untuk dikonsumsi? Jawabannya jelas sangat aman karena dibuat khusus dengan metode yang tidak membahayakan tubuh manusia. 

Apakah emulsifier ini halal untuk dikonsumsi? Belum tentu karena tergantung pada sumber minyak yang digunakan. Bagi yang membutuhkan emulsifier pada minuman yang aman dan halal, Global Solusi Ingredia adalah pilihan tepat. 

Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam produk unggulan yang terbuat dari bahan alami dan tentunya sangat bagus untuk kesehatan.

Anna Masruroh Al Jannah

A person whose love writing the most. As SEO Content Writer Global Solusi Ingredia, she loves to write an articles about foods and cake.

Contact Us

Contact Us