5 Cara Membuat Cokelat Karakter dengan Berbagai Bentuk

Senin, 04 Juli 2022 - 23:17
5 Cara Membuat Cokelat Karakter dengan Berbagai Bentuk

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan cokelat? Ya, makanan manis nan pahit merupakan salah satu bahan hasil olahan dari biji kakao. Cokelat dapat dibuat untuk berbagai macam olahan makanan, salah satunya yaitu cokelat karakter. Pada dasarnya membuat olahan cokelat ini sangat lah mudah. Berikut beberapa cara membuat cokelat karakter dengan berbagai bentuk.

  1. Membuat Cokelat Praline dengan Karakter yang Beragam

Cara membuat cokelat karakter yang pertama yaitu dengan menyediakan 1 blok cokelat dengan rasa strawberry, cokelat, dan pisang. Kemudian, Anda bisa melelehkan setiap varian cokelat tersebut dengan menggunakan jenis wadah yang berbeda-beda.

Kemudian, Anda bisa mencetaknya di dalam cetakan silikon, apabila ingin mengkreasikan dengan berbagai macam warna. Sebaiknya lakukan ketika cokelat dasar sudah mulai mengeras.

Baca juga: Ketahui Ciri Cokelat Berkualitas, Jangan Salah Pilih

  1. Cara Membuat Cokelat Karakter Lucu

Cara membuat olahan cokelat karakter yang selanjutnya dengan menyediakan bahan utama berupa cokelat dengan varian warna putih dan cokelat. Selain itu, Anda juga dapat menyediakan pewarna makanan yang sesuai dengan karakter yang ingin dibuat.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan melelehkan cokelat dengan cara ditim. Setelah meleleh, Anda bisa mencetak cokelat sesuai dengan karakter yang diinginkan.

Kemudian, masukkan cokelat tersebut ke dalam lemari pendingin kurang lebih selama 3 menit. Setelah mengeras, cokelat siap disajikan dengan menatanya di dalam sebuah toples yang cantik.

  1. Cokelat Karakter Hello Kitty

Untuk bisa membuat cokelat dengan bentuk karakter Hello Kitty ini, Anda hanya membutuhkan plastik segitiga, cokelat DCC berwarna putih, orange dan pink. Kemudian, Anda bisa melelehkan berbagai macam cokelat tersebut terlebih dahulu. Lalu, Anda bisa meletakkan ke dalam plastik segitiga pada masing-masing warna.

Setelah itu, Anda bisa mencetaknya dengan warna putih sebagai warna dasar, warna cokelat untuk bagian mata dan kumis. Cokelat warna orange untuk hidung dan pink sebagai bentuk pita karakter Hello Kitty.

Apabila Anda telah mencetak dengan bentuk yang sempurna, Anda bisa mendinginkannya dengan meletakkan cokelat di dalam freezer dalam waktu beberapa menit. Setelah cokelat mulai mengeras, Anda bisa menyajikannya di dalam sebuah toples yang cantik.

  1. Langkah Membuat Olahan Cokelat Karakter Kartun

Pada dasarnya membuat cokelat kartun ini sangatlah mudah. Langkah awal yang bisa dilakukan yaitu menyediakan berbagai macam bahan seperti dark cooking chocolate, plastik segitiga dan wrap, serta cetakan.

Setelah berbagai bahan telah disediakan, Anda bisa melakukan proses tim pada semua cokelat batang. Setelah cokelat meleleh dengan baik, Anda bisa meletakkannya ke dalam plastik segitiga. Kemudian, Anda bisa menyemprotkan cokelat tersebut ke dalam cetakan karakter.

Setelah semua cetakan telah terisi penuh dengan cokelat, Anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas hingga mengeras. Kemudian, Anda bisa menyusun cokelat tersebut di dalam wadah yang telah dilapisi tisu. Diamkan dalam jangka waktu 24 jam, dan cokelat karakter siap untuk disajikan.

  1. Cokelat Karakter Huruf yang Unik

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cokelat huruf ini yaitu cokelat batang, isian untuk cokelat, dan cetakan huruf. Langkah pertama, Anda bisa melelehkan cokelat hingga tidak ada yang menggumpal. Kemudian, cetak cokelat tersebut ke dalam cetakan huruf.

Setelah tercetak semua, Anda bisa memasukkan ke dalam lemari pendingin hingga menghasilkan tekstur yang keras. Apabila cokelat sudah mengeras, Anda bisa mengisinya dengan berbagai macam isian sesuai dengan selera.

Baca juga: Cek Contoh Pemanis Buatan yang Aman Dikonsumsi

Kemudian, bagian cokelat yang terlihat berlubang bisa Anda tutup dengan lelehan cokelat batang. Lalu, simpan kembali kedalam lemari pendingin. Apabila sudah benar-benar mengeras Anda bisa menyajikan cokelat tersebut sebagai camilan bersama sang buah hati.

Itulah beberapa cara membuat cokelat karakter dengan berbagai bentuk sesuai dengan keinginan Anda. Tentunya, untuk bisa menghasilkan cokelat karakter yang enak membutuhkan bahan dasar utama cokelat yang berkualitas.

Anda bisa memperoleh berbagai jenis cokelat di PT Global Solusi Ingredia. Tentunya, cokelat yang tersedia memiliki kualitas terbaik dan diproses dengan teknologi tinggi. Sehingga, teksturnya lembut, mudah lumer, dan memiliki cita rasa yang lezat. Yuk, buat cokelat karakter dengan cokelat GSI.

Anna Masruroh Al Jannah

A person whose love writing the most. As SEO Content Writer Global Solusi Ingredia, she loves to write an articles about foods and cake.

Contact Us

Contact Us