Cari Tahu Perbedaan Margarin dan Mentega Berikut Ini

Minggu, 03 Juli 2022 - 22:23
Cari Tahu Perbedaan Margarin dan Mentega Berikut Ini

Memahami perbedaan margarin dan mentega sangat penting bagi yang kerap berkecimpung di dapur. Hal ini dikarenakan fungsi dan kandungan dari kedua bahan ini yang berbeda. Dengan mengetahui perbedaan kedua jenis olahan lemak ini, Anda dapat mengaplikasikannya dengan tepat.

Meskipun keduanya merupakan bahan untuk membuat berbagai jenis kue dan roti tetapi pada dasarnya fungsi margarin dan mentega berbeda-beda. Serta akan memberikan efek yang berbeda terhadap makanan yang diolah.

Jadi supaya makanan yang Anda buat memiliki cita rasa yang pas, maka simak penjelasan mengenai perbedaan margarin dan mentega selengkapnya, di bawah ini!

  1. Bahan Dasar Pembuatan

Perbedaan yang sangat menonjol pada kedua jenis bahan ini yaitu ada pada bahan dasar pembuatannya. Mentega pada dasarnya terbuat dari lemak susu hewan, terutama susu sapi. Namun, bahan dasar mentega juga dapat diperoleh dari susu kambing, kerbau dan domba.

Sedangkan bahan dasar yang digunakan untuk membuat margarin menggunakan produk nabati terutama kelapa sawit. Karena bahan dasar mentega mempunyai kualitas yang lebih unggul, menyebabkan harga mentega cenderung lebih mahal dibandingkan dengan margarin. Serta karena mentega menggunakan bahan dasar susu, sehingga rasa yang dihasilkan juga lebih gurih.

  1. Kandungan Lemak dan Kolesterol

Karena bahan dasar dari proses pembuatan kedua jenis bahan ini berbeda, maka tentunya kandungan lemak dan kolesterolnya pun juga berbeda. Kandungan lemak dan kolesterol pada mentega sangat lah tinggi.

Hal ini dikarenakan bahan dasar dari proses pembuatan mentega menggunakan lemak hewani. Dibandingkan dengan margarin, kandungan lemak dan kolesterolnya lebih rendah.

Tingkat kandungan yang ada pada margarin juga mempunyai variasi yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena menyesuaikan minyak sayur yang digunakan untuk menjadi bahan pembuatannya.

  1. Titik Leleh Margarin dan Mentega

Salah satu cara mudah untuk mengetahui perbedaan margarin dan mentega yaitu ada pada titik lelehnya. Mentega mempunyai sifat yang sangat mudah meleleh.

Oleh karena itu penggunaan margarin lebih cocok untuk dijadikan sebagai bahan pelengkap pada pembuatan kue kering. Sedangkan mentega lebih cocok digunakan sebagai bahan pelengkap pada pembuatan roti.

  1. Warna Permukaan

Cara lain untuk menentukan perbedaan dari kedua jenis bahan ini yaitu ada pada warna permukaannya. Mentega umumnya mempunyai warna kuning yang cenderung pucat. Jika dibandingan dengan margarin, olahan lemak ini mempunyai warna kuning yang lebih terang serta pekat.

  1. Aroma yang Diberikan

Karena kedua bahan ini mempunyai bahan dasar pembuatan yang berbeda, hal ini menyebabkan aroma yang dihasilkan juga sangatlah berbeda. Aroma yang dihasilkan mentega lebih harum dibandingkan dengan margarin.

Oleh karena itu penggunaan mentega sangatlah cocok digunakan untuk menjadi bahan pelengkap dalam proses pembuatan kue. Karena aroma yang dihasilkan sangatlah harum, maka dapat menggugah selera ketika menikmati kue yang dihasilkan dari mentega ini.

  1. Tekstur Permukaan

Perbedaan margarin dan mentega yang lain yaitu pada segi tekstur permukaan kedua jenis bahan ini. Margarin mempunyai tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan mentega. Sedangkan pada mentega tekstur yang diberikan sangatlah lembut dan halus.

Itulah beberapa perbedaan margarin dan mentega yang bisa menjadi acuan serta pertimbangan dalam penggunaannya. Nah, jika Anda membutuhkan berbagai bahan pangan, maka percayakan pada Global Solusi Ingredia. Perusahaan ini menyediakan banyak bahan seperti cokelat, minyak, pengemulsi, dan masih banyak lagi.

Cek website resminya untuk mengetahui bahan-bahan yang ditawarkan GSI secara lengkap!

Anna Masruroh Al Jannah

A person whose love writing the most. As SEO Content Writer Global Solusi Ingredia, she loves to write an articles about foods and cake.

Contact Us

Contact Us